NEWS

Artikel Terbaru

Kurangi Limbah PNS Makassar Diwajibkan Setor Sampah Tiap Bulan

by admin on October 8, 2016 No comments
Kurangi Limbah PNS Makassar Diwajibkan Setor Sampah Tiap Bulan

news.detik.com

solusilimbahmakassar.com– Wali Kota Makassar Ramdhan Danny Pomanto mewajibkan setiap pegawai negeri sipil (PNS) di Makassar untuk menyetorkan 2,5 Kg sampah ke Bank Sampah kota. Hal ini bertujuan untuk mengubah sampah menjadi barang ekonomis. Kurangi Limbah PNS Makassar Diwajibkan Setor 2,5 Kg Sampah Tiap Bulan

“Ya itu sudah surat edaran resmi dari saya, dan saya menekankan lagi itu adalah wajib setiap bulan 2,5 Kg sampah daur ulang,” ujar Danny di kantor Balai Kota Makassar, Jl Ahmad Yani, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (5/9/2016).

Menurut Danny Pomanto, banyak sampah kertas yang menumpuk di balai kota bisa diubah menjadi barang ekonomis.

“Di balai kota ini kan sampah kertas paling banyak, bisa koran bekas, kertas-kertas yang terlantar sudah tidak terpakai bisa disetor ke bank sampah dan bisa jadi barang ekonomisnya,” jelasnya.

Selain itu, Danny menambahkan, setor sampah daur ulang ini tidak akan mengganggu aktivitas kerja mereka. Bahkan menurutnya ini bisa menjadi poin penilaian kinerja.

“Tidak tidak akan mengganggu kinerja mereka, ini kan juga salah satu poin penilaian bagi mereka, karena itu sudah ada surat edaran dari saya,” sambungnya.

Dalam surat edaran wali kota Makassar nomor: 660.1/137/S.Edar/BLHD/IX/2015 tentang pengurangan sampah, berdasarkan pasal 20 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, pemerintah daerah berkewajiban untuk melakukan kegiatan atau pemanfaatan kembali sampah.

1. Agar para kepala SKPD dan Dirut Perusahaan Daerah mengkoordinir dan memerintahkan staf dan tenaga kerja kontrak di instansinya masing-masing untuk melakukan pengurangan sampah dengan cara membuka rekening bank sampah dan menyetorkan sampah yang dapat di daur ulang ke bank sampah yang ada di sekitar tempat tinggalnya minimal 2,5 Kg setiap bulan.

2. Saldo Rekening Bank Sampah menjadi salah satu penilaian kinerja dan persyaratan administratif urusan kepegawaian Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintar Kota Makassar.

Sebagaimana diketahui, Makassar tengah giat mereduksi sampah yang ada di kota Makassar menjadi barang ekonomis melalui program Bank Sampah. Danny memperkirakan program ini dapat mengurangi sampah di Makassar hingga 30 persen. Berdasarkan perhitungan Pemkot, total sampah di Makassar per harinya bisa mencapai 800 hingga 1.000 ton.
(adf/try)

sumber : news.detik.com

adminKurangi Limbah PNS Makassar Diwajibkan Setor Sampah Tiap Bulan

Leave a Reply